Apa itu Arduino ?

Halo teman teman semuanya 😎😎😎.. kali ini saya akan berbagi informasi tentang platform kece yang membantu kita untuk membuat purwarupa elektronik yaitu Arduino. Apa sih itu ???? ngga usah basa basi lagiii, langsung aja disimak!!! Check it out~~~

Pengenalan Arduino

Arduino merupakan sebuah platform elektronik open-source yang secara umum digunakan untuk membangun suatu sistem prototype (purwarupa). Arduino terdiri dari 2 elemen utama yaitu hardware berupa development board dan software berupa program aplikasi Arduino IDE. Hardware Arduino memiliki beberapa varian seperti Arduno UNO, Arduino Mega 2560, Arduino Pro Micro dan lain – lain. Secara umum arduino board terdiri dari input/output (I/O) pin, catu daya, USB to UART dan mikrokontroler. Arduino board dapat membaca sinyal digital dan analog pin dari sensor – sensor, button maupun elemen inputan lainnya melalui pin input yang diubah menjadi suatu perintah pada suatu object seperti menyalakan LED, mengatur kecepatan Motor DC, dan penampil LCD. Perintah tersebut ditulis dalam code menggunakan bahasa pemrograman Arduino melalui software Arduino IDE dan selanjutnya di upload ke mikrokontroler yang bertugas menerima data, memproses data, dan melakukan suatu aksi pada output.

Arduino Platform

Kelebihan Platform Arduino

Banyak sekali platform elektronik yang dijual dipasaran dan memiliki fungsi yang sama dengan Arduino. Akan tetapi, Arduino mempunyai keunggulan yang dapat mempermudah para pengguna dalam membuat prototype. Berikut keunggulan dari platform Arduino.
  • Inexpensive – Arduino board cenderung memiliki harga yang murah dibandingkan dengan development board yang lainnya dengan performa yang relatif sama.
  • Cross-Platform – Arduino IDE dapat dijalankan pada sistem operasi windows, macintosh dan linux.
  • Open-Source – Software Arduino IDE merupakan perangkat lunak dimana Source Code dapat didapatkan dengan gratis dan dapat dimodifikasi oleh para programmer. Skematik papan arduino dapat diunduh gratis pada laman resmi arduino sehingga kita bisa membuat papan mikrokontroler sendiri atau memodifikasi papan mikrokontroler yang sudah tersedia.
  • Easy-to-use – Pemrograman Arduino relatif mudah dipelajari dan ditunjang dengan Arduino IDE yang simple. Pustaka atau Library dan komunitas Arduino banyak tersebar luas di internet sehingga mempermudah pengguna dalam memakai platform Arduino.
Terima Kasih!!!
Jangan lupa beri feedback dikolom komentar 😉😉😉





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Basic Electronics : Resistors

Pyhsics : Electrical Resistance (Resistansi Listrik)