Pyhsics : Electrical Resistance (Resistansi Listrik)

Electrical Resistance

Resistansi listrik (Electrical Resistance) yang juga biasa disebut dengan Tahanan Listrik adalah besarnya kemampuan suatu material dalam menghambat aliran arus listrik. Besarnya Resistansi Listrik pada suatu material dapat diukur dengan satuan SI yaitu Ohm (Ω). Besarnya resistansi pada suatu material dapat dihitung dengan formula atau rumus dibawah ini.


Rumus Menghitung Resistansi Listrik

R adalah Resistansi Listrik dengan satuan ohm (Ω)
⍴ adalah Resistivitas atau Tahanan Jenis pada suatu material dengan satuan ohm-meter (Ω.m)
ℓ adalah Panjang suatu material dengan satuan meter (m)
A adalah Luas Penampang suatu material dengan satuan meter kubik (m2)

Untuk mempermudah pemahaman terhadap formula resistansi listrik, kita dapat menganalogikan resistansi listrik pada sebuah material dengan hambatan aliran air pada sebuah pipa.
  • Ketika sebuah pipa mempunyai ukuran yang panjang dan berdiameter sempit atau kecil maka timbul hambatan yang lebih besar sehingga air yang mengalir pada pipa menjadi lebih sedikit.
  • Ketika sebuah pipa mempunyai ukuran yang pendek dan berdiameter lebar atau besar maka timbul hambatan yang lebih kecil sehingga air yang mengalir pada pipa menjadi lebih banyak.
Pada formula diatas dapat juga kita ketahui bahwa Resistansi Listrik dipengaruhi oleh Resistivitas atau Tahanan Jenis. Kalian tidak perlu bingung membedakan antara Resistansi Listrik dan Resistivitas. Resistansi Listrik atau Tahanan Listrik merupakan besaran yang mengukur suatu kemampuan material dalam menghambat arus listrik dimana besar kecil nilai resistansinya tergantung oleh besarnya panjang dan luas suatu material sedangkan Resistivitas merupakan gambaran suatu "sifat" material secara alamiah cenderung bersifat konduktif (menghantarkan) maupun resistif (menghambat). Contoh, sebuah material tembaga secara alamiah mempunyai sifat yang lebih konduktif dibandingkan material karbon karena material tembaga mempunyai nilai resistivitas yang lebih kecil dibandingkan material karbon. Perhatikannlah tabel dibawah ini agar kalian mudah memahami apa maksud dari resistivitas suatu material.


Tabel Resistivitas Material

Terima Kasih !!!
Jangan Lupa beri Feedback di Kolom Komentar Yaaa 😉😉😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Basic Electronics : Resistors

Apa itu Arduino ?